Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Penelitian Politik?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini.

  1. Jurnal Penelitian Politik menerima naskah yang merupakan hasil penelitian, gagasan konseptual, tinjauan buku, dan jenis tulisan ilmiah lainnya.Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
  2. Penulis yang akan memasukkan naskah (article submission) ke Jurnal Penelitian Politik terlebih dahulu harus melakukan registrasi secara online dan mandiri pada menu “register” pada situs jurnal elektronik ini. Apabila merasa kesulitan, dapat menghubungi Sekretariat Redaksi Jurnal Penelitian Politik di email: penerbitan.p2p@gmail.com. Pendaftaran secara daring (online) tidak dikenakan biaya apapun.
  3. Setelah terdaftar (registered), lakukan login terlebih dahulu, lalu unggah naskah secara daring (online) melalui website http://ejournal.lipi.go.id/index.php/jpp/indexsampaiberhasil(active submissions).
  4. Naskah yang di-submit merupakan karya asli yang belum pernah dipublikasikan di media cetak  mapun media elektronik lain, dan harus sudah sesuai dengan template penulisan naskah Jurnal Penelitian Politik yang sudah disediakan. Setelah mengunggah naskah, penulis menunggu konfirmasi dari Editor in Chief atau sekretariat redaksi terkait dengan status naskah penulis.
  5. Isi Artikel mengikuti sistematika penulisan yang disusun sebagai berikut:
    1. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Judul harus mencerminkan isi tulisan, bersifat spesifik dan terdiri atas 10-15 kata.
    2. Abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah kata antara 100-250. Isi abstrak menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan. Kata kunci terdiri dari 4-5 kata atau frasa.
    3. Pendahuluan yang berisi justifikasi isu yang diangkat dalam artikel,  maksud/tujuan artikel, pendekatan dan metode yang digunakan.
    4. Pembahasan  berisi kupasan, analisis, argumentasi, dan komparasi penulis. Bagian inti artikel dapat dibagi menjadi beberapa sub-bagian yang jumlahnya bergantung kepada isu/aspek yang dibahas. Judul sub-bagian juga dapat disesuaikan dengan pembahasan.
    5. Penutup berisi bahasan tentang hal-hal penting dari temuan, dapat berupa kesimpulan, saran-saran atau rekomendasi berkaitan dengan persoalan yang menjadi temuan.
    6. Referensi dibedakan menjadi: buku; jurnal; laporan dan makalah; surat kabar dan website. Panduan penulisan referensi dapat dilihat dalam template. Sumber kutipan atau bahan referensi minimal 10 judul publikasi. Tidak dibenarkan menulis referensi yang tidak disinggung sama sekali dalamnaskah. Acuan primer dan kemutakhiran acuan (terbitan 10 tahun terakhir) sekurang-kurangnya 80% dari seluruh kepustakaan.
    7. Tampilan tabel, gambar atau grafik harus bisa dibaca dengan jelas dan judul tabel diletakkan diatas tabel, sedangkan judul gambar atau grafik diletakkan dibawah gambar atau grafik serta dilengkapi dengan penomoran tabel/gambar/grafik. Penempatan tabel dan gambar harus berdekatan dengan teks yang mengacunya. Gambar sebaiknya dimasukkan sebagai format gambar yang memiliki resolusi tinggi. Hindari penempatan table dangan gambar sebagai lampiran.
  6. Selama belum ada konfirmasi atau pemberitahuan status naskah (lanjut proses review, naskah diterima, atau naskah ditolak) dari Editor in Chief atau sekretariat redaksi, penulis dilarang mengirimkan naskah terbitannya ke jurnal yang lain (konfirmasi atau pemberitahuan naskah ke penulis, maksimal 3 minggu sejak naskah diterima oleh editor atau sekretariat redaksi).
  7. Redaksi memiliki kewenangan untuk merubah format penulisan dan judul tulisan sesuai dengan petunjuk penulisan, serta mengatur waktu penerbitan.
  8. Penulis tunduk pada ketetapan dan keputusan hasil review naskah oleh Dewan Redaksi atau Mitra Bestari Jurnal Penelitian Politik.             

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel merupakan naskah asli dan belum pernah diterbitkan sebelumnya atau tidak sedang dalam proses untuk diterbitkan di jurnal lain.
  2. File naskah sudah dalam bentuk format file Microsoft Word dan sesuai dengan sistematika yang ditetapkan oleh Jurnal Penelitian Politik.
  3. Naskah harus ditulis dengan sistematika penulisan, yang terdiri dari unsur-unsur:
    • Judul dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, harus mencerminkan isi tulisan, bersifat spesifik dan terdiri atas 10-15 kata.
    • Nama dan alamat/afiliasi penulis
    • Abstrak (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris)
    • Kata kunci (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris)
    • Pendahuluan 
    • Pembahasan atau hasil penelitian (termasuk gambar, tabel, foto, diagram, dll
    • Penutup
    • Referensi, jika ada referensi yang bersumber dari URLs mohon dicantumkan.
  4. Judul harus spesifik, jelas, ringkas, informatif, menggambarkan substansi atau isi dari tulisan, dan dapat menggugah rasa untuk membaca. Judul juga tidak perlu diawali dengan kata penelitian/analisis/studi, kecuali kata tersebut merupakan pokok bahasan. Dimungkinkan ada judul utama yang diikuti dengan sub-judul; (misal “PEREMPUAN PEMIMPIN POLITIK LOKAL: PERAN PARPOL DALAM KEMENANGAN CALON KEPALA DAERAH”
  5. Judul diketik dengan huruf capital, font TNR, ukuran 14;
  6. Nama penulis ditampilkan dengan jelas dan lengkap (tanpa menyebutkan gelar), nama asli/bukan samaran. Penulis yang lebih dari satu harus dipisahkan dengan tanda koma;
  7. Isi naskah lengkap diketik di atas kertas A4 huruf TNR ukuran 12, jarak baris 1,5 spasi, kecuali abstrak dengan jarak 1 spasi. Ukuran kertas A4, dengan jumlah kolom 1, jarak dari pinggir atas 2,5 cm; bawah 2,5 cm; kiri 3,5 cm; kanan 2,5 cm;
  8. Naskah diseleksi oleh dewan redaksi. Jika dianggap perlu, naskah akan disunting melalui konsultasi dengan penulisnya, setelah itu diterbitkan.
 

Copyright Notice

  1. Naskah yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada.
  2. Hak publikasi, editing, dan pengunggahan atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Penelitian Politik ini dipegang oleh dewan redaksi dan pengelola Jurnal Penelitian Politik, dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, Dewan redaksi dan pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
  4. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti dengan izin penulis, artikel dapat didistribusikan ke pihak lain bukan untuk tujuan komersial dan tidak merubah bentuk aslinya.

https://licensebuttons.net/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png

 

Privacy Statement

Dewan redaksi Jurnal Penelitian Politik akan selalu menjaga hak eksklusif dan kualitas naskah penulis dari segala bentuk pelanggaran hak cipta (plagiarisme).Namadanalamat email yang masuk kedalam situs Jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk keperluan penerbitan Jurnal Penelitian Politik, dan tidak akan disalah gunakan untuk tujuan lain, atau diberikan kepada pihak lain secara tidak bertanggung jawab.