Kuasa Meraih Suara: Relasi Foke-Nara dan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012

Dina Fadiyah

Abstract

Abstrak

Tulisan ini bermaksud melihat relasi antara Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) dengan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012. Pada dasarnya, Forkabi berdiri karena ketakutan etnis asli Jakarta yaitu etnis Betawi akan luntur karena banyaknya suku pendatang yang ada di Jakarta. Forkabi yang awalnya berdiri berdasarkan etnisitas tetapi kemudian menjelma menjadi perpanjangan politik dari suatu elit lokal. Ormas yang seharusnya bebas dari kepentingan-kepentingan politik, justru menjadi perpanjangan politik dari Foke-Nara selama masa kampanye dalam pemilihan Gubernur Jakarta tahun 2012.

Tulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan didapatkan temuan bahwa ternyata organisasi masyarakat dapat berperan penting dalam sebuah pemilihan.Terbukti dengan adanya elit-elit lokal yang saat ini gencar mengandeng ormas sebagai timsesnya. Keberhasilan pengumpulan suara yang dihasilkan oleh ormas mungkin karena anggota ormas banyak tersebar luas dimana-dimana. Mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, dsb. Hal ini membuktikan bahwa ormas yang ada saat ini sudah tidak dapat dikatakan independen atau tanpa adanya campur tangan politik.

Keywords: Ormas, Forkabi, Patron, Klien

Full Text:

PDF

References

Fadiyah. Dina. Pola Patron-Klien Foke-Nara dan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012 di Kelurahan Jagakarsa Jakarta Selatan. Tesis. Pascasarjana UGM Yogyakarta. 2015.

Hefni. Moh. Patron-client Relationship pada Masyarakat Madura. Jurnal KARSA. Vol. XV No. 1. 2009.

Lande, Carl H. “Leaders, Factions, and Parties: The Structure of Philippine Politics.†Journal of Southeast Asian History. Vol. 7. No. 2. 1966.

Muhaimin, Yahya. “Beberapa Segi Birokrasi di Indonesiaâ€, dalam Ahmad Zaini Abar (ed). Beberapa Aspek Pembangunan Orde Baru: Esei-esei dari Fisipol Bulaksumur. Surakarta: CV. Ramadhani. 1990.

Pelras, Christian. Manusia Bugis. Jakarta: Nalar. 2006.

Rutinsyah. Hubungan Patron-Klien Sebagai Strategi Pengembangan Ternak Sapi Perah di Perdesaan: Studi Kasus Peternak Sapi Perah di Desa Telogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan Propinsi Jawa Timur. Mozaik: Jurnal Ilmu Humaniora. Vol.12. No.2. 2012.

Scott, James C. “Patron-Client Politics and Political Change in Southeast Asia.†The American Political Science Review, Vol. 66, No. 1. 1972a.

Scott, James C. “The Erosion of Patron-Client Bonds and Social Change in Rural Southeast Asiaâ€.The Journal of Asian Studies, Vol. 32, No. 1. 1972b.

Scott, James. “Perlawanan Kaum Taniâ€. Diterjemahkan oleh Budi Kusworo, et al, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 1993.

Spread, Patrick. “Blau's Exchange Theory, Support and the Macrostructureâ€. The British Journal of Sociology, Vol. 35, No. 2. 1984.

Sutoro, Eko. Transisi Demokrasi Indonesiaâ€.Yogyakarta : APMD Press. 2003.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.