Strategi Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN
Abstract
Abstrak
ASEAN tengah mengubah pendekatan instutusinya dari top-to-bottom ke cara yang lebih memasyarakat. Penciptaan sebuah komunitas mendorong ASEAN untuk bersikap lebih inklusif dalam implementasi program-programnya. Dalam mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN, kesadaran dan pemahaman publik adalah faktor kunci yang menentukan apakah pillar ini akan dapat direalisasikan dengan sukses. Mengingat popularitas dari ASEAN dan kerangka-kerangkanya tidak diketahui secara signifikan di Indonesia, survei dan policy paper yang kemudian diterbitkan bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mengenai Masyarakat Ekonomi ASEA yang mulai di terapkan tahun lalu.
Â
Kata Kunci : ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN, Indonesia, Survei Publik
Full Text:
PDFReferences
Eric C. Thompson dan Chulanee Thianthai, Attitudes and Awareness Towards ASEAN: Findings of a Ten Nation Survey. Singapore: ISEAS. 2006.
United Nations. “Meeting The Challenges in an era of Globalization by Strengthening Regional Development Cooperation, Economic and Social Commision for Asia and The Pacific.†New York: United Nations, 2004.
Benny, Guido dan Abdullah Kamarulnizam, “Indonesian Perceptions and Attitudes toward the ASEAN Communityâ€, Journal of Current Southeast Asian Affairs, 30, 1 (2011): 39-67.
Ravenhill, John. “Fighting Irrelevance: an economic community ‘with ASEAN Characterstics’,†The Pacific Review 21, 4 (2008): 469-488.
Stubbs, Richard, “Signing to liberalization and the politic of regional Economic Cooperation,†The Pacific Review, 13, 2 (2000): 297-318.
Refbacks
- There are currently no refbacks.