PANDANGAN PARTAI POLITIK TERHADAP MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALAH SATU ALAT KOMUNIKASI POLITIK UNTUK MENDEKATI PEMILIH MUDA (GEN Y DAN Z): STUDI KASUS PDI-P DAN PSI

Nina Andriana

Abstract

Penelitian ini fokus pada bagaimana partai politik, PDI-P dan PSI, memandang  media sosial sebagai salah satu saluran komunikasi politik untuk menjangkau pemilih, khususnya generasi milenial dan Z. PDI-P dipilih sebagai objek penelitian karena merupakan parpol pemenang pada Pemilu 2019, dan  PSI dipilih sebagai partai yang berada pada urutan enam terbawah pada pemilu yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data yang ada di analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Kajian ini menemukan bahwa kedua partai memiliki pandangan yang berbeda ketika melihat media sosial sebagai saluran komunikasi politik. PDI-P lebih cenderung melihat media sosial sebagai sarana branding partai (komunikasi satu arah), tetapi, PSI sendiri memandang media sosial tidak hanya sebagai media untuk branding dan mengenalkan program partai tetapi juga sebagai media untuk berdialog dengan publik (komunikasi dua arah).  Pandangan yang berbeda ketika melihat peran media sosial sebagai saluran komunikasi politik akan memengaruhi bentuk pesan politik yang disampaikan oleh partai politik. Pertimbangan berbeda dalam memilih bentuk pesan politik ini juga dipengaruhi oleh pandangan  mereka terhadap perilaku konsumsi media informasi dari kelompok pemilih muda (milenial dan Z), yang berbasiskan internet.

 

Kata Kunci: komunikasi politik, media sosial, pemilih muda

Keywords

komunikasi politik, media sosial, pemilih muda

Full Text:

PDF

References

Alam, Sukma. 2021. Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik. 2021. Avant Garde, Vol 09, No. 1, 68-78.

Ardipandanto, Aryojati. 2018. Strategi Kampanye dan Kemenangan Ridwan Kamil Dalam Pilgub Jabar 2018. Jurnal Kajian, Menjembatani Teori dan Persoalan Masyarakat dalam Merumuskan Kebijakan, Vol 23, No, 3.

Bencsik, A., & Machova, R. 2016. Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management. In ICMLG2016 – 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance: ICMLG2016 (p.42). Academic Conferences andpublishing limited.

Harahap, Machyudin Agung dan Susri Adeni. 2020. Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, Vol. 7, No. 2.

Heryanto, Gun Gun. 2019. Panggung Komunikasi Politik: Dilema antara Idealitas dan Realitas Politik.Yogyakarta: IRCiSoD

Johansson, Elena. 2019. SosialSosial Media in Political Communication:A Subtitute for Conventional Media?. Dalam Karl Magnus Johansson & Gunnar Nygren (eds.) Close and distant: Political executive–media relations in four countries, pp. 149-174. Goteborg: Nordicom.

Putra, Yanuar Surya. 2019. Theoretical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal of Economics and Bussiness, Vol. 9, No. 2.

Stieglitz, Stefan and Linh Dang-Xuan. 2014. Social Media and Political Communication: a Social Media Analytic Framework. Social Network Analysis and Mining. Springer. DOI:10.1007/s13278-012-0079-3.

Wahid, Umaimah. 2018. Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Statistik Indonesia 2022. Badan Pusat Statistik.

Profil Internet Indonesia 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (apjii.or.id)

Pemilu 2024, Generasi Milenial dan Z Jadi Pemilih Terbesar. https://www.suaramerdeka.com/nasional/pr-041646415/pemilu-2024-generasi-milenial-dan-z-jadi-pemilih-terbesar. Diakses pada tanggal 2 April 2022.

Pemilih di Pemilu 2024 Didominasi Milenial, Nasdem Gencarkan Edukasi Politik. https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/439516/pemilih-di-pemilu-2024-didominasi-milenial-nasdem-gencarkan-edukasi-politik. Diakses pada tanggal 2 April 2022.

Jangan Remehkan Milenial, Mereka Bisa Jadi Penentu Pemilu 2024. https://nasional.sindonews.com/read/257432/12/jangan-remehkan-milenial-mereka-bisa-jadi-penentu-pemilu-2024-1607148769. Diakses pada tanggal 1 April 2022.

Riset Ungkap Lebih Dari Separuh Penduduk Indonesia Melek Media Sosial https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial. Diakses pada tanggal 26 November 2021.

Wawancara dengan RB, Kader PDI-P DPC Jakarta Barat.

Wawancara dengan Sumardy, Ketua DPP PSI. pada 12 Januari 2022.

Wawancara dengan (SAS), ketua BKN DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta. Pada 14 April 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.