Penguatan Sistem Presidensial Dalam Pemilu Serentak 2019

Efriza Efriza

Abstract

Abstrak

Tulisan ini mencoba menjelaskan mengenai dinamika koalisi dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan sekaligus menjelaskan upaya koalisi dalam pemilu serentak 2019. Tulisan ini menuju pada penjelasan mengenai penerapan sistem presidensial yang dapat dikatakan ada kelemahan karena diterapkannya sistem multipartai. Disamping itu, tulisan ini mengkritisi ketiadaan perubahan besar dari diterapkannya sistem pemilihan umum serentak 2019, yang disebabkan oleh masih diterapkannya presidential threshold dan masih lemahnya pelembagaan partai politik itu sendiri, sehingga pola koalisi yang dibangun oleh kedua pasangan calon presiden tetap bersifat pragmatis semata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemilu Serentak 2019 membawa harapan terjadinya coattail effect, sehingga terjadi peningkatan dukungan politik di legislatif terhadap pemerintahan yang terpilih nantinya. Hal ini menunjukkan terjadinya penguatan terhadap sistem presidensial karena dukungan memadai di legislatif.

 

Kata kunci: pemilu serentak, pemilihan presiden, koalisi, sistem multipartai, dan sistem presidensial

Full Text:

PDF

References

Adam, Rainer. Masa Depan Ada di Tengah: Toolbox Manajemen Koalisi. Jakarta: Friedrich Naumann Stiftung. 2010.

Amalia, Lucky Sandra (Ed). Evaluasi Pemilihan Presiden Langsung di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

Asshiddiqie, Jimly. Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika. 2014.

Denzin, Norman K., dan Lincoln, Yvonna S. Handbook of Qualitative Research, terjemahan Dariyatno, at.al. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Haris, Syamsuddin et.al. Pemilu Nasional Serentak 2019. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

-----------------------------. Praktik Parlementer Demokrasi Presidensial Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset. 2014.

Huda, Ni’Matul, dan Nasef, Imam. Penataan Demokrasi dan Pemilu di Indonesia Pasca Reformasi. Jakarta: Kencana. 2017.

Indrayana, Denny. Indonesia Optimis. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. 2011.

Ishiyama, Jhon T., dan Breuning, Marijke. Ilmu Politik Dalam Paradigma Abad ke-21 (jilid 1). Jakarta: Kencana. 2013.

Lipjhart, Arendt (Ed). Sistem Pemerintahan Parlementer dan Presidensialime. Terjemahan Ibrahim R., et.al. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 1995.

Marijan, Kacung. Sistem Politik Indonesia: Konsolidasi Demokrasi Pasca-Orde Baru. Jakarta: Kencana. 2010.

Riwanto, Agus. Desain Sistem Pemerintahan Antikorupsi: Konsep Pencegahan Korupsi Politik dalam Sistem Pemerintahan, Partai Politik dan Pemilu. Malang: Setara Press. 2018.

Romli, Lili. Problematik Institusionalisasi Partai Politik di Era Reformasi. Orasi Pengukuhan Profesor Riset Bidang Politik dan Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 2017.

Pratama, Heroik Mutaqin. “Menguji Desain Pemilu Serentak: Studi Perbandingan Amerika Latin dan Indonesiaâ€. Analisis CSIS. Tantangan Desain Pemilu Serentak. Vol. 46. No. 4 (2017).

Agustino, Leo. “Satu Tahun Pemerintahan Jokowi: Transaksional dan Transformasionalâ€. Analisis CSIS. Satu Tahun Pemerintahan Jokowi dan Prospek Hubungan Luar Negeri Indonesia. Vol. 44. No. 4 (2015).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.