Mitos dan Realita Perempuan dalam Pemilu: Sebuah Pelajaran dari Situasi Politik Amerika di Era Polarisasi

Mouliza K.D Sweinstani

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penulisan tinjauan buku ini adalah untuk membedah buku yang ditulis oleh Danny Hayes dan Jennifer Lawless yang berjudul Women on the Run: Gender, Media, and Political Campaigns in Polarized Era. Buku ini ditulis oleh mereka sebagai respon dari situasi politik Amerika yang berkaitan dengan eksistensi perempuan dalam kehidupan politik Amerika Serikat khususnya dalam dua pemilu sela pada tahun 2010 dan 2014. Buku ini juga memberikan cara pandang baru terhadap area politik di era terpolarisasi di Amerika Serikat dengan berusaha membongkar pemahaman konvensional mengenai bias yang harus dihadapi oleh perempuan dalam dunia politik. Selain itu buku ini juga berusaha mencari tahu apa sebetulnya yang menjadi penyebab masih adanya pemahaman bias gender dalam area politik di Amerika Serikat. Hanya saja, simpulan dari buku ini perlu digunakan secara hati-hati agar pembaca tidak melakukan generalisasi atas kondisi politik yang telah dianggap netral gender dan tidak diskriminatif seperti yang terjadi di Amerika. Pembaca sebaiknya mengontekskan kondisi lanskap politik masing-masing agar dapat menghasilkan temuan yang mengelaborasi temuan Hayes dan Lawless. Dengan demikian, hal ini dapat memperkaya studi-studi tentang kampanye politik, media dan kandidat perempuan dalam kajian ilmu politik.

 

Kata Kunci : era terpolarisasi, kampanye politik, netral gender, perilaku pemilih

 

Full Text:

PDF

References

Aschroft, Bill. Gareth Griffith, dan Helen Tiffin. 1995. The Post-colonial Studies Reader. Routledge.

Hayes, Danny & Lawless, Jennifer J. 2016. Women on The Run. Gender, Media, and Political Campaigns in Polarizes Era. Cambridge: Cambridge University Press.

IPU, Women in National Parliament; World Classification, diakses dari http://archive.ipu.org/wmn-e/classif.htm.

Mosse, Juliana Cleves. 1993. Half the World, Half A Change. An Introduction to Gender and Development, Oxford: Oxfarm.

Partini. 2014. “Partisipasi Politik Perempuan dalam Praktik Kewarganegaraan†dalam Jurnal Perempuan Vol 19 No. 2, Mei 2014, Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Shin, Jae Hyeok. 2017. “The choice of candidate-centered electoral systems in new democracies†dalam Sage Journal Vol.2 Issue 2 2017. https://doi.org/10.1177/1354068815581539

Shvedova, Nadezhda. 2005. “Obstacles to Women’s Participation in Parliament.†dalam Women in Parliament: Beyond Numbers, (Julie Ballington and Azza Karam: ed), Stockholm, Sweden: International Institute for Democracy and Electoral Assistance.

Svaleryd, Helena. 2007. Women’s Representation and Public Spending, IFN Working Paper No.701. IFN Stochholm

Sweinstani, Mouliza K.D. 2016. Peran Partai Islam Dalam Meningkatkan Keterwakilan Perempuan Di Tingkat Nasional: Studi Tentang Partai Persatuan Pembangunan Dalam Memenuhi Kuota Minimal Perempuan Sebagai Calon Anggota Dpr Tahun 2014, dalam Prosiding International Conference for Democracy 2016.

Sweinstani, Mouliza K.D dan Mariyah, C. 2017. "Political Recruitment Of Chinese-Indonesian Women Candidate: Study On PDI Perjuangan Recruitment In Nominating Chinese-Indonesian Woman Candidate In Semarang City Legislative Election 2014," dalam People:International Journal Of Social Science, vol. 3, no. 2.

The Indonesian Institute, Menilik Pemberitaan Kampanye, diakses dari https://www.theindonesianinstitute.com/menilik-pemberitaan-kampanye/ pada 21 Maret 2018

Yuniarti, Yeni dan Fadilah Dedeh. 2017 Citra Caleg Perempuan dalam Framming Media Online, dalam MediaTor Vol 10 (01) Juni 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.