Pola Pengawasan Pengelolaan Dana Otonomi Khusus dan Istimewa: Perspektif Politik

Nyimas Latifah Letty Aziz, R. Siti Zuhro, Heru Cahyono, Dini Suryani, Dian Aulia, Yusuf Maulana

Abstract

Studi ini mengkaji pola pengawasan pengelolaan dana otsus dan istimewa dilihat dari perspektif politik.  Terdapat tiga daerah yang dikaji  yakni, Aceh, Papua, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ketiga daerah ini penting dikaji karena memiliki kekhususan dan keistimewaan dalam pengelolaan fiskalnya, khususnya pengelolaan dana otsus dan istimewa. Namun, pengawasan oleh pemerintah pusat terhadap pengelolaan dana otsus dan istimewa ini masih lemah. Ini dibuktikan dengan masih sangat minimnya pengawasan dalam hal sinergi, koordinasi, bimbingan dan pengawasan antarjenjang pemerintahan (provinsi-kabupaten/kota). Akibatnya, pengelolaan dana otsus dan istimewa belum berdampak signifikan terhadap peningkatan tatanan pemerintahan yang demokratis dan harmonis melalui hubungan vertikal (pusat-daerah) maupun horisontal (daerah/lokal) dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal. Oleh karena itu, studi ini membuktikan pentingnya pengawasan terhadap pengelolaan dana otsus dan istimewa. Metode penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan dokumen pendukung, wawancara mendalam, dan diskusi terbatas.

Kata kunci : pengawasan, dana otsus/ istimewa, perspektif politik

Full Text:

PDF

References

Aulia, D. Politik Pengelolaan Dana Istimewa di Yogyakarta dalam Nyimas Latifah Letty Aziz & R.Siti Zuhro (Eds.), Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus dan Istimewa . Jakarta: Obor, 2018.

Aziz, Nyimas Latifah Letty. Peran Lembaga Khusus dalam Politik Aceh dan Papua: Catatan Pendahuluan dalam Nyimas Latifah Letty Aziz, & Dian Aulia (Eds.), Peran Lembaga Khusus dalam Politik Aceh dan Papua. Jakarta: Mahara, 2017

Aziz, Nyimas Latifah Letty & R. Siti Zuhro (Eds.). Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus dan Istimewa. Jakarta: Obor, 2018

Cahyono, Heru. Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus di Aceh dalam Nyimas Latifah Letty Aziz, & R. Siti Zuhro (Eds.), Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus dan Istimewa. Jakarta: Obor, 2018.

Hamidi, J., & M. Lutfi. Dekonstruksi Hukum Pengawasan Pemerintahan Daerah . Malang: UB Press, 2011.

Heywood, A. Key Concepts in Politics. London: MacMillan Press, 2000.

Maulana, Yusuf, & Mardyanto Wahyu Tryatmoko. Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus di Papua Barat dalam Nyimas Latifah Letty Aziz & R. Siti Zuhro (Eds.), Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus dan Istimewa. Jakarta: Obor, 2018.

Rahayu, D. P. “Pengawasan Preventif sebagai Kontrol Pusat terhadap Daerah di Era Reformasiâ€, Jurnal Ilmu Hukum , Vol. 3 No.3 (2015) : 444-462.

Situmorang, V., & J. Juhir. Aspek Hukum Pengawasan Melekat dalam Lingkungan Aparatur Pemerintah. Jakarta: Rineka Cipta,1998.

Sudaryanto, E. Makalah dalam Rapat Koordinasi Pengawasan atas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tingkat Nasional. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri RI, 2012.

Sujamto. Aspek-aspek Pengawasan di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika,1987.

Suryani, Dini. Desentralisasi Fiskal Asimetris : Konsep dan Aspek yang Berpengaruh terhadap Pengelolaannya di Indonesia dalam Nyimas Latifah Letty Aziz, & R. Siti Zuhro (Eds.), Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus dan Istimewa. Jakarta: Obor, 2018.

Suwandi, M. (2014). A Review on Central Government and Local Government Relationship in Indonesia. Diakses Februari 22, 2017, from Institut Pemerintahan Dalam Negeri : http://ijok.lpm.ipdn.ac.id/wp-content/uploads/2014/11/A-Review-of-Central-Government-and-Local-Government-relationship-in-Indonesia.pdf

Tryatmoko, M. W., “Problematika Peran Ganda Gubernur di Daerah Otonomi Khususâ€, Jurnal Penelitian Politik , Vol. 9 No.2 (2012): 75-89.

UCLG and World Bank. Decentralization and Local Democracy in the World: Global Report by United Cities and Local Governments (UCLG). Barcelona: World Bank, 2008.

Zuhro, R. Siti. Catatan Penutup: Dana Otsus dan Istimewa untuk Siapa? dalam Nyimas Latifah Letty Aziz & R. S. Zuhro (Eds.), Politik Pengelolaan Dana Otonomi Khusus dan Istimewa. Jakarta: Obor, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.