Strategi Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN

Khanisa Krisman, Tri Nuke Pudjiastuti, Zamroni Salim, Panky Tri Febiyansah, CPF Luhulima, Ratna Shofi Inayati

Abstract

Abstrak

ASEAN tengah mengubah pendekatan instutusinya dari top-to-bottom ke cara yang lebih memasyarakat. Penciptaan sebuah komunitas mendorong ASEAN untuk bersikap lebih inklusif dalam implementasi program-programnya. Dalam mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN, kesadaran dan pemahaman publik adalah faktor kunci yang menentukan apakah pillar ini akan dapat direalisasikan dengan sukses. Mengingat popularitas dari ASEAN dan kerangka-kerangkanya tidak diketahui secara signifikan di Indonesia, survei dan policy paper yang kemudian diterbitkan bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mengenai Masyarakat Ekonomi ASEA yang mulai di terapkan tahun lalu.

 

Kata Kunci : ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN, Indonesia, Survei Publik

Full Text:

PDF

References

Eric C. Thompson dan Chulanee Thianthai, Attitudes and Awareness Towards ASEAN: Findings of a Ten Nation Survey. Singapore: ISEAS. 2006.

United Nations. “Meeting The Challenges in an era of Globalization by Strengthening Regional Development Cooperation, Economic and Social Commision for Asia and The Pacific.†New York: United Nations, 2004.

Benny, Guido dan Abdullah Kamarulnizam, “Indonesian Perceptions and Attitudes toward the ASEAN Communityâ€, Journal of Current Southeast Asian Affairs, 30, 1 (2011): 39-67.

Ravenhill, John. “Fighting Irrelevance: an economic community ‘with ASEAN Characterstics’,†The Pacific Review 21, 4 (2008): 469-488.

Stubbs, Richard, “Signing to liberalization and the politic of regional Economic Cooperation,†The Pacific Review, 13, 2 (2000): 297-318.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.