Intelijen dalam Pusaran Demokrasi di Indonesia Pasca Orde Baru

Ikrar Nusa Bhakti, Diandra M Mengko, Indria Samego, Sri Yanuarti, Sarah Nuraini Siregar

Abstract

Abstrak

Intelijen merupakan topik kajian yang penting sekaligus rumit untuk dipahami karena sifat kerahasiaannya. Meski demikian, negara demokrasi selalu mendukung masyarakatnya untuk memiliki, setidaknya, pemahaman dasar terkait seluruh instansi pemerintah, termasuk intelijen. Pada tahun 2015, Pusat Penelitian Politik – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI) telah melakukan penelitian yang berjudul “Intelijen dalam Pusaran Demokrasi di Indonesia Pasca Orde Baruâ€. Penelitian ini bukan saja berisi mengenai teori intelijen, pergumulan intelijen dan demokrasi di beberapa negara yang mengalami perubahan politik dari sistem otoriter ke demokrasi dan sejarah singkat intelijen di Indonesia, melainkan juga memuat ulasan awal demokratisasi intelijen di Indonesia. Reformasi intelijen di Indonesia adalah suatu keniscayaan. Intelijen harus bekerja sesuai dengan sistem demokrasi yang kita anut. Paradigma lama intelijen Indonesia sudah pasti akan dan harus berubah, pengawasan terhadap intelijen pun suatu keniscayaan. Adalah suatu keniscayaan pula bahwa pengawasan terhadap intelijen bukan membuat kerja-kerja rahasia mereka menjadi terbatas atau terhambat, melainkan justru intelijen mendapatkan kepercayaan dan didukung oleh rakyat, sehingga meningkatkan legitimasi intelijen dan tentunya peningkatan anggaran intelijen.

 Kata Kunci : Demokrasi, Intelijen, Indonesia, Politik, Pasca Orde-Baru

Full Text:

PDF

References

Bergin, Anthony and Robert Hall (eds.). Intellligence and Australian National Security. Australian Defence Studies Centre, Australian Defence Force Academy, Canberra. 1994.

Bhakti, Ikrar Nusa et.al. Relasi TNI-Polri dalam Penanganan Keamanan Dalam Negeri (2000-2004), P2P LIPI, Jakarta. 2004.

Fattah, Abdoel. Demiliterisasi Tentara. Pasang Surut Politik Militer 1945-2004. LKiS, Yogyakarta. 2005.

Gill, Peter & Mark Phythian. Intelligence in an Insecure World, Polity Press, USA, 2006.

Hanggi, H, Winkler, T (eds). Challenges of Security Sector Governance, NJ; LIT Publisher, Berlin/Brunwick. 2003.

Lowenthal, Mark. M. Intelligence: From Secret to Policy, CQ Press, Washington DC. 2009.

Richelson, Jeffrey T. The US Intelligence Community, Westview Press, (Fourth Edition). 1999.

Soegirman, Supono. Intelijen: Profesi Unik Orang-orang Aneh. Media Bangsa, Jakarta. 2014.

Widjajanto, Andi (ed.). Reformasi Intelijen Negara. Jakarta: Pacivis Universitas Indonesia dan Friedrich Ebert Stiftung, Jakarta. 2005.

Widjajanto, Andi Cornelis Lay dan Makmur Keliat. Intelijen Velox et Exactus, Pacivis Universitas Indonesia dan Friedrich Ebert Stiftung, Jakarta. 2006.

Widjajanto, Andi dan Artanti Wardhani. Hubungan Intelijen-Negara 1945-2004, Pacivis Universitas Indonesia dan Friedrich Ebert Stiftung, Jakarta. 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.